Monday, September 20, 2010

Menurunnya Penggunaan Netbook

Netbook adalah sebuah perangkat alternatif pengganti PC Desktop dan Notebook (Laptop) meski tidak bisa menggantikan secara sepenuhnya karena banyak sekali keterbatasan kemampuan yang dimiliki.

Pada masa resesi dunia 2009, pasar PC (personal computer) global terbebas dari pertumbuhan negatif karena konsumen agresif membeli netbook. Hal ini karena netbook adalah platform PC yang berharga paling terjangkau, kendati memiliki fungsi sangat terbatas.

Pada awal tahun 2010 pangsa pasar netbook mulai melemah karena netbook tidak mampu berkompetisi dengan notebook, dan komputer tablet seperti iPad produksi Apple Inc.

Menurut firma riset Gartner Inc, pangsa netbook di pasar PC global telah melemah sejak kuartal pertama (Januari-Maret) 2010, sehingga pada kuartal kedua (April-Juni) 2010 hanya tersisa kurang dari 18 persen. Padahal, Gartner Inc menegaskan, pada 2009 netbook mampu menguasai pangsa pasar global hampir 20 persen. Gartner Inc juga menyebutkan pangsa pasar global netbook akan terus melemah hingga 2014 sehingga hanya tersisa sekitar 10 persen.

Saat kondisi perekonomian membaik dan saat konsumen lebih leluasa berbelanja, maka konsumen pun lebih memilih membeli notebook, atau pun komputer tablet.

Hal yang dihindari konsumen terhadap netbook:
  • Pertama, konsumen mulai menyadari limitasi netbook.
  • Kedua, harga netbook menjadi tidak jauh berbeda daripada notebook karena para produsen notebook agresif memangkas harga.
Tahun 2007 adalah kelahiran netbook. Selanjutnya, netbook berjaya pada 2008 dan 2009. Namun demikian, pada 2010 daya saing netbook mulai melemah karena harga notebook menjadi semakin terjangkau dan mulai populernya penggunaan PC Tablet. menurut banyak pengamat, konsumen membeli netbook karena belum tentu menyukai platform tersebut, tetapi karena terpaksa. Ada juga yang karena ikut-ikutan trend atau memang senang lebih ringkas.

Tahun 2010 PC tablet mulai makin populer, hal ini diawali oleh lahirnya iPad, dengan demikian iPad akan tetap mendominasi pasar global tablet paling tidak hingga 2011. Setelah itu, iPad akan menghadapi kompetisi semakin ketat karena pesaing menjadi semakin banyak.

Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment