Pada masa resesi dunia 2009, pasar PC (personal computer) global terbebas dari pertumbuhan negatif karena konsumen agresif membeli netbook. Hal ini karena netbook adalah platform PC yang berharga paling terjangkau, kendati memiliki fungsi sangat terbatas.
Pada awal tahun 2010 pangsa pasar netbook mulai melemah karena netbook tidak mampu berkompetisi dengan notebook, dan komputer tablet seperti iPad produksi Apple Inc.
Menurut firma riset Gartner Inc, pangsa netbook di pasar PC global telah melemah sejak kuartal pertama (Januari-Maret) 2010, sehingga pada kuartal kedua (April-Juni) 2010 hanya tersisa kurang dari 18 persen. Padahal, Gartner Inc menegaskan, pada 2009 netbook mampu menguasai pangsa pasar global hampir 20 persen. Gartner Inc juga menyebutkan pangsa pasar global netbook akan terus melemah hingga 2014 sehingga hanya tersisa sekitar 10 persen.
Saat kondisi perekonomian membaik dan saat konsumen lebih leluasa berbelanja, maka konsumen pun lebih memilih membeli notebook, atau pun komputer tablet.
Hal yang dihindari konsumen terhadap netbook:
- Pertama, konsumen mulai menyadari limitasi netbook.
- Kedua, harga netbook menjadi tidak jauh berbeda daripada notebook karena para produsen notebook agresif memangkas harga.
Tahun 2010 PC tablet mulai makin populer, hal ini diawali oleh lahirnya iPad, dengan demikian iPad akan tetap mendominasi pasar global tablet paling tidak hingga 2011. Setelah itu, iPad akan menghadapi kompetisi semakin ketat karena pesaing menjadi semakin banyak.
Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment